Pages

Devina's notes


Sabtu, 05 Januari 2013

Pertunjukan Orkestra

Setelah menyaksikan pertunjukan orkestra asli luar negeri di salah satu stasiun televisi Indonesia, (mari sebut saja stasiun TVnya, yaitu MetroTV), saya semakin tertarik terhadap orkestra. Sejak saya masih duduk di bangku SMP, saya sudah menyukai genre musik klasik. Semua ini berawal dari kekepoan saya menguping lagu-lagu yang diputar oleh kakak saya karena kamar yang masih bersebelahan sengan kamar kakak pada waktu itu. Kala itu... saya sedang memilah-milih baju yang hendak disetrika sambil membersihkan kamar (itu karena saya multitasker), lalu terdengar alunan piano dan biola dari kamar sebelah. Saya pun terdiam cukup lama. Lagu apa ini?

Tidak terdengar vokal manusia bernyanyi solo, tapi kenapa saya merasa sudut hati tersensitif saya tersentuh lewat lagu itu *deuila. Saya masih ingat, kelima lagu itu sering diputar oleh kakak saya hampir setiap pagi. Lama-kelamaan, saya berniat untuk meminta soft copy lagu itu lewat belakang, tanpa pemberitahuan pada kakak saya terlebih dahulu. Setelah saya searching di komputer, fualaaa...! Ternyata kelima lagu itu dibawakan oleh Secret Garden, grup musik yang terdiri dari dua pemain, yang pertama sebagai composer/pianis berasal dari Norwegia, dan yang kedua sebagai violinist berasal dari Irlandia. Judul-judulnya antara lain Song from Secret Garden, Silent Wings, Passacaglia, Ode to simpli, dan Adagio. Dan sejak saat itulah saya menemui soulmate kesekian saya, musik klasik.

Lalu apa hubungannya dengan orkestra? Dari tahun ke tahun saya hidup dengan menyukai musik klasik yang merambat ke segala arah bagai air. Hingga pada akhirnya, tahun 2011 saya mendapatkan bejibun lagu klasik dari guru PPL TIK yang bernama Bu Vina yang secara kebetulan menyukai musik instrumental seperti saya. Ada classic piano, classic guitar, dan juga orkestra-orkestraan.
Nah dari situlah start line menyukai orkestra.

Hingga sekarang, tahun 2013, akhirnya saya menyaksikan pertunjukan orkestra asli (walaupun lewat televisi) dari grup Wiener Philharmoniker yang dipimpin oleh Franz Welser-Most. Konsernya berjudul Neujahrskonzert. MC yang dipilih oleh MetroTV adalah Addie Ms, salah satu musisi terkenal di Indonesia. Jika saya tidak salah, pertunjukannya digelar di Italia. Kalau salah ya mohon dimaafkan, karena setelah saya mencoba searching, blog asli dari Wiener Philharmoniker menggunakan bahasa yang tidak saya pahami. Untuk melihat rincian lagu apa saja yang dibawakan, boleh tengok ke blognya langsung:

http://www.wienerphilharmoniker.at KLIK!

Lain waktu, saya akan bahas apa itu orkestra dan nama-nama orkestra terkenal selain Wiener Philharmoniker di pelosok dunia.
Gracias ^^/

1 komentar: